9 Cara Mengatasi HP Tiba-tiba Mati Sendiri ,Mari Diteksi Penyebabnya – Sensai Media

9 Cara Mengatasi HP Tiba-tiba Mati Sendiri ,Mari Diteksi Penyebabnya

Smartphone kini merupakan teknologi yang menjadi kebutuhan pokok manusia dalam  aktifitas kesehariannya.bahka tidak sedikit yang tidak bisa melakukan pekerjaan dengan lancar tanpa menggunakan ponsel pintar ini.sedemikian rupa kegiatan ataupun aktifitas manusia menjadi praktis dan terbantu berkat adanya smartphone ini.

Namu namanya teknologi buagan manusia pasti akan memiliki kekurang.salah satu kekurang itu tidak sedikit smartphone yang mengalami masalah tiba – tiba mati sendiri.dan apalah itu penyebabnya mari kita Deteksi penyebabnya dan cara mengatasinya

1. Kondisi Batrai Drop

Untuk menditeksi penyebab hp mati sendiri untuk yang pertama ini adalah kita akan memeriksa pada bagian batrainya.biasanya batrai drop ininsering terjadi di hp yang sudah berusia lama pemakaiannya.ciri khas batrai mengalami drop adalah presentasi pengisian batrai sangat lama dan penforma hp berkurang.

Langkah menditeksi kedua jika batrai hp di cas penuh,kemudian kita gunakan untuk melakukan aktifitas seperti chat,ataupun nonton vidio dalam waktu singkat dan batrai hp sudah berkurang hampir 50% maka sudah di pastikan batrai teman-teman drop.

Penyebab batrai hp drop ada beberapa hal salah satunya ketika hp sudah dalam kondisi panas atau overheat,kita masih memaksakan untuk menggunakannya dalam membatu aktifitas kita

Solusi yang tepat untuk masalah ini adalah kita hanya perlu menggati batrai hp dengan yang baru dan hindarai pemakaian saat kondisi hp panas atau overhead.diamkan sebentar sampai kondisi dingin dan barulah gunakan kembali

2. Terlalu Banyak File Sampah

Di pembahasan kedua ini adalah tentang file sampah atau sering desebut dengan chace.chace ini merupakan file yang sudah tidak terpakan namun hp kita menyimpannya secara otomati.bayangkan bagaiman jadiya jika file sampah munumpuk banyak di hp pastinya masalah pertama yang akan di rasakan adalah kinerja samrtphone menjadi berkurang.

Tidak hanya hp saja dalam kehidupan manusia pun jika banyak sampah yang menumpuk akan menimbulkan penyakit.kalo pada smartphone samaph atau chace dalam hal ringan akan mengurangi kinerja smartphone.namun jika chache terlalu banyak dan tidak di bersihakan akan menyebabkan hp otonatis mati sendiri.

Solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini adalah teman-teman dapat membersihkan ponsel setiap harinya.dan berikut rekomendasi aplikasi untuk membersihkan chace pada smartphone

  • Ccleaner
  • Clean Master
  • Files By Google
  • CleanIt
  • Super Cleaner
  • Nox Master
  • Phone Master
  • Phone Cleaner
  • Avast CleanUp and Boost
  • iClean
  • AMC Security
  • SD Maid
  • Norton Clean
  • AVG Cleaner

 

3. Kerusakan Pada Sistem Operasi

Untuk yang Ketiga ini kita akan memeriksa penyebab hp mati sendiri pada perangkat lunak atau sistem operasi hp.dalam hal ini jika hp mati sendiri padahal batrai penuh coba kita ingat apakah di hp ada notifikasi apliaksi terhenti dan sering keluar dari aplikasi secara otomatis.biasanya ada beberap sistem perangkat lunak yang harus di perbarui

Baca Juga:  11 Tips Cara Dapatkan Kuota Gratis Telkomsel Berhasil

Jika seperti diatas kondisinya bisa di pastikan penyebab hp mati adalah karenan kerusakan pada perangkat lunak.dan untuk memastikannya lagi teman-teman bisa lakukan pengecekan pada menu posel pilih,pengaturan ,pilih opsi sistem ,dan ketuk pembaruan sistem maka otomatis sistem akan mencari pembaruan seftware terbaru untuk hp.jika ada akan muncul tombol unduh dan instal.

Untuk mengatasi masalah bug atau kerusakan perangkat lunak ini,terbilang cukup mudah kita hanya perlu melakukan pembaruan sistem yang telah di sediakan pada smartphone pada menu penngaturan di opsi pembaruan sistem.unduh dan instal pembaruan sampai selasai.dengan catatan saat melakukan pembaruan hp dalam kondisi batrai penuh agar kinerja pembaruan sitem dapat berjalan dengan lancar masalah bug atau kerusakan perangkat lunak bisa teratasi.

4. HP Mengalami Overhead

Overhead adalah kondisi di mana smartphone kita dalam keadaan panas saat dalam penggunan.hal ini merupakan salah satu penyebab HP sering mati sendiri, Overhead pada HP menandakan hp bekerja terlalu keras.maka kita perlu untuk mengistirahatkan sejenak hp kita.

Ciri khas hp mati sendiri karena overhead adalah apabila batrai dalam kondisi penuh atau daya 90%  tiba-tiba mati sendiri.di tandai dengan kodisi hp yang sangat panas.normalmya suhu pada smartphone yang menjalakan sistem atau program yang berat adalah 40° celcius.jika lebih dari itu masalah yang akan terjadi adalah hp otomati akan mati sendiri.

Untuk resiko yang fatal terjadi apabila dalam kodisi overhead hp bisa meledak atau terbakar.dulu sempat ramai di perbicangkam tentang hp samsung galaxy note 7 ini di laporkan mudah meledak atau terbakar di bebagai negara.dan akhirnya pun hp keluaran samsung ini di tarik kembali dari peredarannya.

Berikut ini saya akan memberikan tips agar hp kamu tidak panas dan aman resiko mati sendiri, dan resiko paling fatal meledak atau terbakar.simak penjelasan di bawah ini:

  • Gunakan Mode Hemat Daya dalam mode ini smartphone akan mengurangi atau menurunkan kinerja smartphone pada kecerahan layar,menghemat konsumsi baterai, dan menurunkan kinerja CPU atau Prosesor secara otomatis.hala ini di lakukan untul mengurangi terjmatiadinya resiko Overhead
  • Matikan koneksi Wifi,Bloetooth ,dan GPS.kenapa karena 3 aplikasi ini sangat menguras batrai dan membutukan kinerja berat seperti mencari konektivitas untuk smartphone tanpa henti.jadi gunakan 3 aplikasi tersebut sesui kebutuhan saja.
  • Tutup aplikasi yabg sudah tidak di gunakan.sebagai contoh kita sering membuka aplikasi dan kemudian menekan home maka aplikasi akan tertjtup dan tampilan layar pada menu home,sebenarnya tidak seperti itu apliaksi masih berjalan di belakang layar atau backgroud.jadi izinkan beberapa aplikasi saja yang berjalan di belakang layar atau backgroud seperti pesan instan .
  • Gunakan softcase yang tepat.saat membeli softcase patikan material softcase tersebut mampu mengeluarkan panas pada hp agar panas tidak terjebak di dalam yang menyebabkan overhead
  • Hindari penggunaan hp saat di case dan pada saat koneksi internet hp tidak stabil
  • Hidari pemakai hp di ruang yang panas atau berpaparan langsung dengan sinar matahari
  • Hapus beberapa aplikasi yang memakan ram terlalu banyak
Baca Juga:  TOP 5 Aplikasi Nada Dering Terbaik

 

5. Efek Samping Root

Root biasanya sering di gunakan untuk para pengguna iphone tindakan ininsering di sebut jailbreak.tindakan ini memungkinkan pengguna untuk bisa mengaccses semua sistem ponsel iphone yang sebelumnya di batasi. Namu jika menggunakan root atau jailbreak ini secara berlebihan akan menyebabkan HP mati sendiri.

Dalam garis besar tindakkan root adalah merubah sistem atau oerangkat lunak pada hp secara paksa.jika pada saat melakukan root terdapat sedikit kesalahan akan menyebabkan HP Mati sendiri.

Jika penyebabnya karena tindakkan rooting teman-teman bisa mengatasinya dengan melakukan flash HP. Flash dan root sangatlah berbeda jika root merubah maka flash mengistal kembali sistem.namun untuk melakukan flash ini kita memerlukan ROM yang sesuai dengan HP kita agar nantinya HP yang mati sendiri karena root bisa kembali sepeeti semula.

Sara dari saya pribadi jangan pernah melakukan root pada HP dengan bentuk apa pun alasanya. Karena jika  melakukan root maka garansi ponsel akan hilang dan beberapa sistem dalam hp tidak akan berkerja dengan semestinya.

6. Chipset Dan Memori RAM Overload.

Penyebab berikutnya hp sering mati sendiri karena penggunaan chipset atau CPU terlalu tinggi dan RAM mengalami Overload.CPU yang terlalu tinggi ini biasanya di aebabkan oleh game mobile ynag di mainkan biasanya tergolong aplikasi berat.

Apabila game mobile ini di gunakan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan pada kompone di dalam ponsel dan akhirnya menyebabkan hp mati sendiri.langkah yang perlu kamu ambil dalam hal ini,sebagai berikut.

  • Batasi aplikasi yang di jalankan dalam satu waktu
  • Istirahatkan ponsel setelah di gunakan
  • Perikas RAM saat hendak mengistal aplikasi baru
  • Menghapus aplikasi yang tidak di gunakan
  • Pindahkan aplikasi ke penyimpanan exsternal untuk melonggarkan RAM.
  • Langkah terakhir bersihkan chace secara rutin

 

7. Ada Komponen HP Yang Mengalami Kerusakan

Pembahasa berikut ini kita akan mediteksi penyebab hp sering mati sediri dari komponen hp.dal hal ini hp bisa mati sendiri tidak hanya karena kerusaka pada perabgkat lunak namu jiuga bisa di dasari dari kerusakan komponen hardware hp tersebut.

Contoh komponen hardware hp yang sering mengalami kerusakan dan menyebabkan hp mati sendiri adalah tombol power.tombol ini mempunya fungsi yang sangat penting yaitu menyalakan dan mematikan ponsel.untuk memastikannya biasanya tombol power di rancang selama 8-10 detik jika tombol di tahan akan melakukan mulai ulang atau restart.jika dalam waktu 8-10 detik tidak ada pergerakan maka bisa di oastikan tombol power tidak bekerja dengan baik, dan menjafi penyebab hp mati sendiri.

Baca Juga:  8 Aplikasi Convert Video Ke Mp3 di Smartphone Android

Tapi jangan terlalu buru-buru gaes membawa smartphone kita ke reparasi ponsel.lakukan langkah – langkah berikut ini sebelum pergi ke repaeasi ponsel

  • Jika bukan hp batrai tanam buka casing belakng hp
  • Cek apakah tombol powor tertahan dengan casing belakan hp
  • Jika iya kamu bisa mengatasi posisi power hp agar tidak timpang tindih dengan tombol power

Jadi Jika masalahnya Cuma ringan bisa di atasi sendiri.namu jika dirasa sulit langsung bawa saja ke toko reparasi ponsel.

8. HP Terjatuh Atau Kemasukan Air.

Apakah postel kamu oernah terjatuh dan kemasukan air.bisa jadi 2 hal tersebut menadi pemicu hp sering mati sendiri.dalam pembahasan apabila alat elekteonik terkena air dalam kodisi mempunyai daya maka akan menyebabkan konsleting.

Berikut ini saya akan membagikan beberapa tips jika hp teman-teman mati sendiri karena seringbtrjatuh atau karena ketumpahan air :

  • Keringkan air yang ada di body sebelum membuka hp
  • Lepaskan semua kompone termasuk batrai jika buka batrai tanam
  • Jangan buru – buru menyalakan HP
  • Taruh HP di suhu yang hangat agar air yang ada di dalam komponen segera menguap
  • Tunggu sampai dalam waktu minimal 24 jam untuk memastikan hp benar- benar sudah kering
  • Nyalakan hp kembali dan selamt hp teman-teman bisa nyala seperti sedia kala.

 

9. Usia HP Sudah Terlalu Tua

Untuk dalam kasus ini kita sebagai manusia mekmaluminya.dalam hal ini usia HP yang sudah tua Beberapa Kompone Dalam ponsel sudah tidak bisa bekerja dengan baik.tidak befa halnya dengan manusia jika usia kita sudah lanjut makan ada beberapa fungsi dari organ tubuh kita yang berkurang funsinya.

Ada beberapa negara membuat kebijakan diman usia hp jika sudah berusia 5 tahun maka wajib untuk melakukan pembaruan atau menggati dengan menggunakan hp baru.jika masalah hp mati karena usia yang sudah tua.maka soalusi yabg tepat untuk mengatasinya adalah membeli HP baru.

Kenapa saya menyarakan untuk membeli hp baru dan tidak menyarankan untuk menservis hp tersut.ada beberapa hal yang harus kamu ketahui jika kam memperbaiki hp tua makan akan memuang biaya yang lumayan tidak sedikit.dan fitur untuk HP tua sudah tidak di rekomendasikan untuk di era digital ini.

Jadi lebih baik kita membeli HP dengan fitur yang telah di update susuai dengan kemajuan teknologi saat ini.selain itu performan hp masih stambil dan dapat mempurmudah kita dalam melakukan pekerjaan.

Itu tadi sekilas cara memperbaik dan menditeksi penyebab tau kerusakan pada HP yang sering mati sendiri.sekiat dan terima kasih telah berkunjung ke artikel ini.